Extrak file rar,zip,tar.gz dan tar.bz2 di Linux

Asalamualaikum wr.wb

kali ini saya akan membagi cara nih ternyata exrakk file rar di linux ituh susah hadehhh,ada yang bilang pake linux itu ribettt rempongg lah ngapain pake linux,justru dari situlah ketertarikan saya untuk menggunakan linux oke di article yang saya beri judul Extrak file rar,zip,tar.gz dan tar.bz2 di Linux akan mengulas bagaimana mengexrak file yang terkompres oleh rar,zip,tar.gz dan tar.gz2 okeh baiklah yang pertama adalah file rar

1.file rar yang anda butuhkan adalah unrar bisa download di terminal dengan cara "sudo apt-get install unrar" jika sudah coba ketik di terminal perintah unrar maka akan ada keterangan cara exrak file saya beri contoh saya ingin mengextrak file smartfren injek.rar file sperti ini tidak bisa kita exrak karena ada spasi di nama filenya maka rename terlebih dahulu menjadi smartfren-injek.rar jika sudah di rename copykan file terebut di folder home

perintah

unrar x smartfren-injek.rar

2.exrak file .zip caranya dengan perintah

perintah:

unzip nama-file.zip

3.extrak file tar.gz

perintah:

tar -xvzf namafile.tar.gz atau bisa juga dengan perintah tar -xzf nama-file.tar.gz

4.extrak file tar.bz2

perintah:

tar -xjf nama-file.tar.bz2 atau bisa juga tar -xvjf nama-file.tar.bz2



gimana bisa dibilang agak ribet kalo cuman exrtak file ajah harus buka terminal :D linux oh linux hahahaha tapi hal inilah yang membuat linuxer lebih unggul di banding pengguna windows

terimakasih udah mau baca artikel sederhana ini trimakasih
wasalam :v


Tag : Linux
0 Komentar untuk "Extrak file rar,zip,tar.gz dan tar.bz2 di Linux"

Back To Top